ABOUT : HIJABERS COMMUNITY

1:30:00 PM

Assalamu'alaikum !

Postingan kali ini aku mau bahas tentang HIJABERS COMMUNITY. Mungkin di kalangan muslimah yang ada di Indonesia, Hijabers Community atau yang akrab di singkat HC ini  sudah cukup familiar. Tapi kenapa baru mau aku bahas sekarang? Karena dalam waktu 2 tahun semenjak aku tergabung menjadi komite HC Jakarta , banyak teman-teman yang sedang skripsi ataupun thesis yang meneliti tentang HC. Aku sempat bekerja di JENAHARA sebagai Public Relation (PR). Yang meneliti tentang JENAHARA pun ngga kalah banyak. Kebanyakan pertanyaan nya nyambungnya ke HC juga. Alhamdulillah teman-teman yang tau kalau aku komite HC Jakarta juga jadi bisa sekalian tanya JENAHARA dan HC.

Dan pertanyaan yang selalu di ulang-ulang adalah "Bagaimana sih terbentuknya Hijabers Community?" 

Jadi awal mula terbentuknya HC pada tanggal 27 bulan November 2010. Siapa pendirinya ? Kak Jenahara yang akrab di panggil Jehan kalau ditanya ini dimanapun selalu menjawab. Pendirinya ada 30 orang. 

Apa sih tujuan HC ini ? Kalo kata Dian Pelangi yang juga salah satu founder HC , 
"Tujuan HC sejak awal berdiri memang untuk menjadi tempat berbagi dan saling memberikan inspirasi, termasuk dalam berbusana muslim. Fashion busana muslim menjadi pengikat komunitas ini. Namun bukan sekadar penampilan yang menjadi fokus kegiatan. Sejumlah talkshow, pelatihan mengaplikasikan kerudung dengan cara yang lebih indah dan gaya juga diberikan." dikutip dari http://female.kompas.com/read/2011/08/11/13253987/

Kalau aku sederhanakan, tujuan HC ini sebagai wadah berkumpulya muslimah untuk sharing mengenai ilmu agama Islam agar kita bisa terus istiqomah. HC syi'ar melalui fashion, karena beberapa komite berprofesi sebagai fashion designer dan melihat peluang fashion bisa sebagai sarana untuk berdakwah. Para komite ini dapat menunjukkan kalau hijab itu bisa kok terlihat modis dan tidak old fashion. Sehingga menarik muslimah yang belum berhijab menjadi berhijab. Yang sudah berhijab menjadi lebih kreatif styling hijab. Bisa dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti pengajian dan hijab class (tutorial hijab) dan charity pun dilakukan secara rutin. HC pun  Melihat antusiasme dari muslimah di Jakarta khususnya sangat bagus, HC pun  di launching pada tanggal 19 Maret 2011. Bisa dilihat Review Grand Launching Hijabers Community

Seiring berjalan nya waktu, Komite HC yang sudah semakin sibuk dengan kegiatan masing-masing , kegiatan HC pun agak lebih jarang dilaksanakan. Nah, HC pun mengagaskan untuk dibuat HC Jakarta. Dengan proses seleksi akhirnya terbentuklah  Hijabers Community Jakarta.  Dan HC pun sudah menjadi HC pusat supaya ngga rancu di Jakarta kok ada 2 HC. Kenapa HC Pusat? Karna mereka sebagai founder dan penasihat dari HC Jakarta aja. Aku juga sudah pernah posting tentang pembentukan HC Jakarta. Tapi aku belum pernah lagi nih buat summary tentang HC Jakarta setelah kita berjalan hampir 2 tahun. Ngga kerasa ya udah mau 2 tahun aja :')

Flashback ke tanggal 4 November 2014 saat HC pusat meresmikan kami HC Jakarta. Ketemu temen-temen ber-26 di Trys Kemang. Divisi yang aku apply beda sama yang di putuskan komite HC Pusat. Disitu Aku cuma kenal Dinda. Dinda juga yang kasih tau aku kalo HC lagi open recruitment komite. Tapi waktu itu Dinda ngga bisa hadir. Ngga ada yang aku kenal. Cuma HC Pusat yang aku suka lihat di social media itu hehee.. Aku perhatiin satu-satu. Karna nantinya bakalan kerja bareng sama mereka nih. Dannn ada 1 orang yang menarik perhatian pas dia bilang ,"eh, semalem gue searching di twitter nama-nama yang kepilih loh. hahaha"
Whottt? freak banget sumpah. apaan sih nih anak?! Ehhh ternyata sekarang aku ngefans luar biasa sama anak yang freak itu. I love her style. Suka banget sama cara dia ngomong yang suka ngga kepikir sama aku dan menginspirasi. Dia adalah Annisa alias Wanda alias Wonder. 
Intermezzo dikit yah hehe

Komite HC Jakarta mostly anak kantoran. Married vs Single nya juga banyakan single nya waktu itu. Tapi sekarang udah banyak yang married dan punya anak dalam waktu 2 tahunn! Jadilah semakin banyak komite yang absen kalau ada meeting atau acara-acara. Karena udah semakin keteteran, jadlilah kita adakan rekrutmen komite untuk divisi Internal Relation, Design Graphics dan Dokumentasi.
Nah, karena kita ngga ada yang jadi fashion designer kayak HC Pusat. Jadi kurang eksis untuk personal komite HC Jakarta. Tapi alhamdulillah acara yang HC Jakarta adakan udah well-known, HIJAB DAY !
Tantangan banget buat lepas dari bayang-bayang HC Pusat. Kita ngga fashion banget, tapi ngga old fashion juga sih. Itu yang membuat HC Jakarta bisa punya karakter juga. Kita fokus  pada kegiatan-kegiatan seperti charity, pengajian (diusahakan setiap bulan harus ada), Hijab Day Out (workshop). 

Oh iya, cerita sedikit waktu pengajian pertama kali kita adain itu ada HTM nya 10 ribu rupiah. Dan ada yang complain, kok pengajian bayar. Padahal sih buat bayar ustad/ustadzah, snack, dan masjid. Keperluan itu bisa habis lumayan banyak. Apalagi komite ini volunteer alias ngga dibayar karna organisasi biasa non profit. Tapi kembali ke niat awal untuk dakwah dan syi'ar, pengajian yang kedua kita FREE. Alhamdulillah yang datang mencapai ratusan. Seneng bangettt. Buat bayar operasional pengajian nya itu rejeki dari Allah aja. Hehehe
Akhirnya setelah 5 bulan terbentuk, barulah kita Grand Launching Hijabers Community Jakarta. Dengan mengagas HIJAB DAY 2013. Awal-awal pesimis karna takut antusiasme nya kurang dan lain-lain. Tapi waktu itu meeting sama HC pusat diwakilin ka Ayi, ka Tia dan ka Ola, mereka kasih kita support banget. Inget banget ka Ayi bilang ,"Komite HC Jakarta harus tampil. Ini acara lo. Nanti Hijab Day 'jegger' terus terkenal tapi mereka gatau komite nya siapa. Siapa yang punya Hijab Day. Ini tuh ajangnya lo semua tampil."
Eh, bener aja sih. Alhamdulillah sukses dan akhirnya dibuat lagi HIJAB DAY 2014 , Tapi komite nya ngga ada yang eksis hahhaa.. Karna emang kita semua cuman banci organisasi jadilah yang eksis acara-acara yang kita buat aja. And I'm proud of it !

Oiya, banyak juga nih Tanya gimana cara bergabung jadi Anggota / member HC Jakarta. Kebetulan aku pegang instagram HC dan banyakkkk bangetnget yang nanya ini setiap kali posting apapun. Berharap temen-temen mau baca yak komen-komen di ig yang aku jelasin terus soal membership. Jadi aku copy paste aja nih sekalian yahhh..

Untuk bergabung jadi member :
1. Follow social media HCJKT ( twitter, instagram, fb, blog ada di bio ) ;
2. Ikut dtg ke acara yg HCJKT adakan ;
3. Kalau ingin punya membercard bisa registrasi pada saat pengajian / event HCJKT dgn biaya adm Rp 10.000 untuk selamanya. Kalau tidak mau membuat member card gapapa kok, masih tetap jadi anggota HCJKT :)

Awalnya kita mengukur anggota itu dari jumlah followers di Twitter, Instagram dan fanpage FB. Karna waktu itu belum ada membership. Kita ngga mau terikat dengan instansi apapun untuk membership/member card. Alhamdulillah sekarang udah ada divisi Internal Relation yang handle untuk membership.

Seiring berjalan nya waktu, banyak banget yang mau bergabung jadi cabang resmi HC. Bahkan teman-teman dari Philipines juga semangat untuk buka cabang HC disana. Tapi karna keterbatasan otoritas HC Jakarta untuk memutuskan segala sesuatunya, akhirnya HC Pusat pun berniat untuk serah terima jabatan HC Jakarta sebagai HC Pusat dan HC Pusat sebagai founder aja. Soon akan aku update ya kalau udah serah terima jabatan.

Dari HC Jakarta aku belajar banyak soal ilmu-ilmu agama dan the power of sodaqoh and nawaitu. Bisa kenal banyak banget orang-orang hebat, bisa punya kesempatan memperluas wawasan dan pengalaman hidup yang ngga akan ternilai dengan apapun. Semoga HC Jakarta bisa lebih amanah dan istiqomah lagi buat jalanin HC ini. Aamiin !


Salam
Fina 


You Might Also Like

0 comments

Search This Blog

Follow by Email

I N S T A G R A M

Subscribe