Wedding Preparation Part 1 : Undangan dan Souvenir

11:59:00 PM

Masih dalam problematik persiapan pernikahan yang tinggal hitungan 2 jari lagi. 

Aku cukup nyantai banget buat persiapan ini. Setelah selesai DP catering kayak udah aja gitu nunggu hari H. Disamping kerjaan yang super hectic, Aku sama calon juga berasa "ah yaudah masih 8 bulan lagi. Ah yaudah masih 6 bulan lagi." Sampai tiba saat nya 2 bulan lagi dan belum pesan undangan, souvenir, daftar KUA. Cuma udah pilih baju aja sih di sanggar, itu juga belum rampung karna sampai Aku tulis postingan ini beskap resepsi belum ada, baju untuk Aku akad nanti belum juga, baju penerima tamu pun belum. Dan masih banyak lagi yang belum. 

Akhirnya minggu ketiga bulan Juli which is minggu lalu, langsung ngebut pesan undangan , souvenir dan urus surat nikah. Ntah kenapa hawa mau nikah baru berasa H-2bulan. Itu juga udah di keprak-keprak sama keluarga saking kita kayak ngga ada apa-apa. 

1. Undangan 


Undangan ini adalah bagian yang paling sayang, karna cuma 5 menit dibaca abis itu di buang. Yah paling lama setelah kondangan lah itu bertengger di rumah para undangan. Jadi memang Aku ngga mau budget mahal untuk undangan. Rp 2.000 cukup lah di digital printing langganan :p (Sesimple dan sedangkal itu pemikiran nya ya )

Aku udah kebayang aja dari tahun lalu mau undangan kayak apa. Pakai ilustrasi ina inu, water color bunga atau doodle silhouette. Liat pinterest tau-tau mau nya elegan aja pakai pita nuansa putih - royal blue. Terus berubah lagi , design vintage bunga dan diikat dengan tali rotan di plintir (ngga tau namanya apa)

Setelah di pikir-pikir ya ngga proper juga sih undangan kayak gitu, karna kan undangan lebih bayak di sebar untuk tamu dari Orang Tua. Kalau untuk teman bisa e-invitation kan. Akhirnya cari referensi tempat cetak undangan. Berhubung teman-teman banyak yang nikah, jadilah undangan Aku kumpulin dan ditanya ke yang punya hajat bikin dimana dan harganya berapa. Ada 2 undangan yang aku suka. Dengan budget Rp 2.000 ngga mungkin, aku naikin deh maksimal Rp 4.500. Kebetulan saudara sepupu yang nikah beda sebulan dapet tuh di Pasar Tebet , undangan hard cover harga Rp 4.500, tapi bikin nya 1000pcs. Ya lumayan beda jauh sih, Aku cuma bikin 400 undangan aja. 

Sampai di Pasar Tebet, Aku langsung ke toko undangan tempat kakaknya calon Aku waktu dia bikin undangan bulan Januari 2016. Jadi buyar tuh mau datengin toko referensi teman-teman yang undangan nya aku suka. Rasanya pengen cepet selesai urusan per-undangan jadi datangin 1 toko aja. Design macem-macem pun akhirnya cuma pilih undangan putih polos, tinta gold dan abu. Hard paper dengan amplop landscape . Alasan nya biar sama aja sama dekor nuansa putih - gold. Tapi ngga tau ya nanti kalau udah dikasih preview undangan nya berubah lagi apa ngga hehe.. I'll update soon.

Setelah aku nikah baru tau macem-macem undangan dan bridesmaid card serta bridesmaid box lagi happening. Walaupun Aku ngga pakai itu, tapi Aku ada rekomendasi nya bisa bikin di PORT OF TASYA

2. Souvenir


Nah si souvenir ini , Aku pertama kali datang ke Alfiandra di Cipinang belakang Lapas. Agak masuk-masuk ke dalam dan ngga kebayang toko souvenir disitu. Pas masuk ke dalam itu puenuuhhhh sama souvenir dan asli yah jadi pusing sendiri. Budget Rp 3.000 untuk souvenir, tapi ya begitu aja sih. Maunya bagus tapi budget minim hehee.. Disana gelas-gelas aja diatas Rp 5.000. Mau gelas Jar yang lagi happening tapi harganya Rp 8.500. Udah deh ngga masuk budget, jadi harus ke Jatinegara.

Ke Jatinegara pas lagi hujan deras, dan kata ibu kalo ngga hujan mah jalan aja susah dan di dalem padat. Alhamdulillah ngga padat sih cuma kuyup aja kehujanan. Lokasi nya yang dibawah , bingung, kalo kesana lagi juga ngga inget jalan nya. Banyak banget toko souvenir sampai bingung sendiri. Waktu itu cuma datengin 3 toko. Nanya pertama kali di toko yang dekat sama area tengah. Souvenir gelas tanpa gagang bisa dapat Rp 3.500,- tapi pakai tile. Yang souvenir gelas gagang Rp 4.500,-. Packaging tile, box dan mika. Harga nya kalau box nambah Rp 500 dan mika Rp 700 dari tile. Dan akhirnya aku pilih souvenir gelas gagang pakai box Rp 4.000,- sebanyak 500pcs di toko ke-3, tinta warna gold dan box gold. Aku juga minta kecil aja tulisan nama dan gambarnya 1 aja , icon pengantin Jawa. Ngga mau yang rame. Di toko yang aku pilih ngga ada mesin EDC, jadi untuk bayar DP mesti ke ATM dianter sama mbak nya. Pas lagi dibuatin nota, mbaknya bilang nanti kalau sudah jadi di telepon dan barang nya bisa di ambil di Cipinang. Eh ternyata itu toko Alfiandra cabang Jatinegara !

Nah waktu aku lagi ke ATM, ibu ngobrol sama Ibu Owner nya dan dikasih Teh Botol juga. Owner nya cerita kalau di Cipinang memang harga nya lebih mahal , soalnya tinta sablon yang di pakai lebih bagus daripada yang di Jatinegara. Mereka punya 2 tinta gitu. Karna di Jatinegara harga bersaing, jadi lah pakai tinta yang lebih murah.  Jadi buat kamu yang budgetnya pas-pas an untuk souvenir, better ke Jatinegara aja. Tapi kalau mau cari yang high quality bisa langsung ke Cipinang. 

Oh iya, kalau kamu kesana ngga sama pasangan dan mau kasih liat fotonya, itu harus ke area tengah karna susaaaah banget sinyal di toko yang kedalam. 


Foto-foto contoh undangan dan souvenir menyusul yaa..

Doakan semoga lancar sampai hari H dan ngga jadi bridezilla. Aamiin



Salam

Fina Yasifa


*)PS: Yang mau tanya-tanya boleh email aja ke finayasifa@gmail.com yahh

You Might Also Like

1 comments

  1. Nama tmpat + lokasi detail bkin undangannya d tebet apa mba?

    ReplyDelete

Search This Blog

Follow by Email

I N S T A G R A M

Subscribe